Burung Garuda Pancasila Tembaga (Bagian I)

Home/Kerajinan/Burung Garuda/Burung Garuda Pancasila Tembaga (Bagian I)

Burung Garuda Pancasila Tembaga (Bagian I)

Kerajinan Tembaga dan Kuningan Burung Garuda – Burung Garuda Pancasila Tembaga dapat kita temui dimana mana, baik di, instistusi pemerintah, kantor-kantor swasta, sekolah-sekolah dan lainnya. Namun demikian, pernahkah anda bertanya mengenai pembuat kerajinan Burung Garuda Pancasila Tembaga tersebut? Mungkin tak banyak yang membayangkan bahwa kerajinan Burung Garuda Pancasila Tembaga adalah karya kriya yang rumit pembuatannya dan memerlukan keahlian khusus serta pengetahuan mengenai kerajinan tembaga.

Burung Garuda sendiri merupakan burung mistis yang diambil dari mitologi Hindu yang dijadikan sebagai lambang negara Republik Indonesia. Mitologi yang berasal dari India tersebut telah berkembang di wilayah Indonesia sejak abad tahun 700 sesudah Masehi. Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara Republik Indonesia karena ia melambangkan kekuatan, kemegahan atau kejayaan. Pada lambang negara kita tersebut terukir sejumlah 17 helai bulu pada setiap sayapnya, 8 helai bulu ekor atau 19 helai bulu pada bawah perisai dan 45 helai bulu leher. Angka-angka tersebut merupakan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu 17 8 1945 atau tujuh belas Agustus tahun seribu sembilan ratus empat puluh lima. Jika anda mengamati Burung Garuda Pancasila Tembaga, anda akan melihat kesemua detail tersebut terukir dengan sangat rapi dan profesional.

burung garuda pancasila tembaga

burung garuda pancasila tembaga

Burung Garuda Pancasila Tembaga merupakan alternatif kerajinan berbentuk lambang negara tersebut. Mungkin anda cukup sering menemukan kerajinan berbentuk lambang negara RI tersebut terbuat dari lempengan besi dan diberi warna keemasan, biasanya burung Garuda model ini harganya tak terlalu mahal sehingga banyak dibeli dan digunakan di berbagai institusi. Namun, durabilitas bahannya pun tidak begitu baik, sebab mudah terkena korosi jika tidak ditempatkan dengan benar, warna keemasannya juga mudah pudar karena hanya dilapisi cat, serta bentuknya yang mudah berubah apabila terjatuh dan terkan benturan. Namun Burung Garuda Pancasila Tembaga cukup berbeda dari segi kualitas, durabilitas serta harganya.

Harga Burung Garuda Pancasila Tembaga memang sedikit di atas harga kerajinan berbentuk lambang negara RI yang terbuat dari lempengan besi, namun kualitas bahannya sangat baik. Burung Garuda Pancasila Tembaga mudah dalam perawatan, tidak pudar dalam jangka waktu lama, tahan terhadap cuaca panas, jika terkena air tidak mudah menjadi korosif, dan tidak berubah bentuk meski terjatuh atau pun terbentur. Memang, kualitas kerajinan Burung Garuda Pancasila Tembaga ini tetap tergantung pada produsen dan pembuatnya. Produsen kerajinan tembaga yang terpercaya biasanya sangat memperhatikan mutu karyanya, sedangkan pembuat atau pengrajin tembaga yang berpengalaman biasanya akan sangat rapi dalam pengerjaan karyanya.

Tembaga sendiri telah lama dijadikan salah satu alternatif bahan kerajinan sebab bahan baku tembaga lebih terjangkau dalam segi harga namun mutu bahannya tidak kalah bersaing dengan bahan kerajinan lainnya seperti perak. Selain Burung Garuda Pancasila Tembaga, anda dapat menjumpai banyak kerajinan tembaga lainnya yang sangat populer dan diminati, baik di dalam dan di luar negeri.

Kerajinan Garuda Pancasila Tembaga Bagian II

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.
By | 2012-03-29T00:22:44+00:00 Maret 22nd, 2012|Burung Garuda|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment